Aina Anindya Putri Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Hobi keliling dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan ingin berbagi cerita di alawisata.com.

Tempat Wisata di Tasikmalaya

19 min read

Tempat Wisata di Tasikmalaya

Hai kawan travelers, sudah tau mau berencana liburan kemana? Liburan di Tasikmalaya kayaknya seru nih. Seperti kota- kota di Jawa Barat lainnya, kota ini juga memiliki banyak potensi wisata yang mengasikan, mulai dari wisata alam, sejarah, budaya, hingga kuliner bisa anda temukan disini. Nah, untuk itu alawisata akan membahas tempat wisata yang ada di Tasikmalaya untuk kalian semua.

Tasikmalaya sendiri merupakan sebuah kota yang berada di Jawa Barat yang memiliki julukan sebagai Sang Mutiara dari Priangan Timur. Walaupun jarak kota ini dengan ibukota terbilang cukup jauh, namun daya pikat wisatanya membuat para wisatawan dari berbagai daerah termasuk ibukota rami datang kesini untuk menikmati pesona wisatanya.

Penasaran dimana saja objek wisata menarik yang ada di Tasikmalaya? Untuk itu alawisata akan memberikan beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di kota Tasikmalaya yang sanyang untuk anda lewatkan. Yuk langsung saja simak baik-baik.

1. Pantai Karang Tawulan

Pantai Karang Tawulan

  • Lokasi : Cimanuk, Kalapagenep, Cikalong, Tasikmalaya, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 3.500 per orang, Rp 2.500 (Parkir Motor), dan Rp 10.000 (Parkir Mobil)
  • Jam Buka : 24 jam (Snein-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, toilet, warung makan, gazebo

Objek wisata yang akan alawisata bahas pertama kali adalah Pantai Karang Tawulan. Jika anda pernah mengunjungi Tanah Lot Bali, maka kurang lebih seperti itulah panorama alam yang ditawarkan di pantai yang satu ini.

Pasirnya yang berwarna hitam ditemani dengan tebing kokoh yang menjorok ke arah laut menjadi salah satu ciri khas dari pantai ini yang semakin menambah kesan ekostis nan menawan. Selain itu, di pantai ini juga terdapat sebuah pulau mungil yang beranama Pulau Manuk, kenapa dinamakan demikian? Karena pada saat sore tiba, gerombolan burung camara akan singgah di pulau mungil ini.

Karena kawasan pantai ini masih tergolong sepi, maka sangat cocok digunakan sebagai tempat pelepas penat dari kesibukan sehari-hari. Didukung dengan adanya taman rumpur dan pondok yang langsung menghadap ke laut membuat wisatawan nyaman  untuk menikmati keindahan pantai dari atas bukit yang asri nan sejuk.

Selain itu aktivitas lain yang dapat anda lakukan ditempat ini yaitu memancing, berjalan-jalan, atau sekedar duduk menikmati angin laut, namun sangat tidak disarankan untuk berenang di pantai sebab ombaknya dan berbahaya.

2. Pantai Sindangkerta

Pantai Sindangkerta

  • Lokasi : Sindangkerta, Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 15.000 (Dewasa), Rp 10.000 (Anak-anak), Rp 5.000 (Parkir Motor), Rp 10.000 (Parkir Motor)
  • Jam Buka : 07.00-18.00
  • Fasilitas : area parkir, musholla, toilet, warung makan, penginapan, area camping

Selain Pantai Karang Tawulan, Tsikmalaya juga memiliki pantai yang tak kalah indah yaitu Pantai Sindangkerta. Dimana keindahan panoramanya sudah sangat terkenal di mata para wisatawan.

Diselimuti dengan pasir putih landai dan taman lautnya yang sangat luas menjadikan tempat ini cocok sebagai area wisata terbaik untuk anda dan keluarga. Tak hanya itu, airnya yang jernih, lengkap dengan biota dan terumbu karang alami juga berpadu dalam satu keindahan yang ada di Pantai Sindangkerta Jawa Barat satu ini.

3. Pantai Cipatujah

Pantai Cipatujah

  • Lokasi : Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : Resort, Warung Makan, Kios, Area Parkir, Panggung Hiburan, Balawisata, Gazebo, Penginapan dan hotel

Panamaan Pantai Cipatujah ini berasal dari nama sungai Cipatujah yang juga berasal dari bahsa sunda yang berarti buhun “patujah-tujah” saling menghantam.

Pantai ini memiliki luas mencapai 115 hektar dengan pasir coklat serta air yang jernih dan gelombang ombak yang cukup besar membuat pantai ini terasa hidup nan eksotis.

Karena luasnya pantai ini, masyarakat sekitar sering memanfaatkannya sebagai air yang jernih dan gelombang ombak yang cukup besar. Bahkan kadang-kadang masyarakat setempat juga mengadakan adu balap kerbau-kerbau yang membuat suasana semakin seru seklaigus menjadi daya tarik dari wisata pantai ini.

Selain itu, beberapa aktivitas juga dapat andan lakukan disini seperti berenang, berjemur, bermain pasir bersama dengan anak-anak atau hanya sekedar menikmati panorama pantai sembari menggoda ombak yang berdeburan. Dan bagi anda yang hobi memancing, anda juga dapat melakukan kegiatan tersebut di muara sungai Cipatujah loh.

4. Pantai Pasanggrahan

Pantai Pasanggrahan

  • Lokasi : Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : Kios-kios wisata, Gazebo, Arena bermain anak, Menara pandang, Masjid, Panggung terbuka, Penginapan, Area parkir dan sarana rekreasi lainnya

Pantai ini masih terletak di kawasan Cipatujahyang berjarak 74 km dari pusat kota Tasikmalaya atau sekitar 60 km dari Pantai Pangandaran. Tidak banyak yang mengenal keindahan dari pantai ini, namun akhir-akhir ini Pantai Pasanggrahan mulai bersolek kembali dan menarik beberapa wisatawan untuk mengunjunginya.

Lokasinya yang strategis, sebaberada dibibir pantai yang menghubungkan Pantai Pangandaran Ciamis dengan Pelabuhan Ratu Sukabumi menjadikanya cepat populer di kalangan para wisatawan.

5. Pantai Bubujung

Pantai Bubujung

  • Lokasi : Ciheras, Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggiu)

Pantai ini sangat jarang dikunjungi oleh orang-orang, ntah karena jaraknya yang memang jauh dan juga tempatnya yang terisolir dan tidak terawat.

Padahal pantai ini memiliki potensi keidahan alam yang cukup mempesona, terdapat bebatuan yang besar tergeletak yang bisa dimaksimalkan untuk rekreasi dan olahraga mestinya.

Pemerintah sudah membuat wacana untuk membangun pantai ini agar terlihat semakin indah, namun ternyata sampai sekarang wacana tersebut berlum terealisasikan, alhasil pantaiinya pun hanya digunakan warga sekitar dengan cara alakadarnya. Walaupun demikian, menjelang libur lebaran tiba pantai ini tak jarang dikunjungi oleh banyak orang yang memang sengaja singgah ke pantai ini.

Laman: 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Aina Anindya Putri Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Hobi keliling dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan ingin berbagi cerita di alawisata.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *