Aina Anindya Putri Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Hobi keliling dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan ingin berbagi cerita di alawisata.com.

Tempat Wisata di Tangerang

19 min read

Tempat Wisata di Tangerang

Tangerang merupakan sebuah kota yang terletak di Tatar Pasundan Provinsi Banten, tepat berada di sebelah barat ibukota negara Indonesia yaitu Jakarta. Dan kali ini alawisata akan membahas tentang tempat wisata yang ada di kota Tangerang.

Lalu ada apa dengan kota Tangerang? Mesti kebanyakan orang sudah tidak asing dengan kota yang satu ini. , walaupun hanya sekedar tau tentang bandara yang ada disana.

Meskipun di Tangerang sendiri juga terkenal dengan berbagai macam gedung pencakar langitnya, tapi jangan salah, kota ini juga menyimpan beribu lokasi wisata yang menarik tentunya. Mulai dari wisata alam, sejarah, hingga wahana unik nan menarik ada di kota modern yang satu ini.

Nah, untuk mempermudah perjalanan liburan anda, alawisata akan memberikan beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di kota Tangerang yang tentunya bisa anda kunjungi besera pasangan dan juga keluarga anda di akhir pekan. Yuk langsung simak baik-baik.

1. Situ Cipondoh

Situ Cipondoh

  • Lokasi : Jl. Kh. Hasim Ashari, Cipondoh, Kota Tangerang, Banten
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 07.30-21.30 (Weekdays), 08.15-20.00 (Weekend)

Refreshing tentu dibutukan untuk setiap orang, mulai dari anak-anak, hingga orang dewasa. Nah untuk kalian yang menginginkan liburan akhir pekan dengan suasana alam yang cukup untuk mengurangi kepenatan, Situ Cipondoh bisa anda jadikan alternatif liburan akhir pekan anda.

Disini anda sekeluarga dapat melihat hamparan air danau yang cukup luas, dan juga terdapat wisata air yang menarik juga tentunya.

Anda dapat menyewa perahu kano yang memang tersedia disana, dan mulai untuk menyusuri danau. Banyaknya peopohonan yang tumbuh diseitar danau semakin mempercantik keindahan danau ini.

Lelah mengayuh perahu kano, anda langsung bisa menyantap kuliner yang tersedia di tepi danau. Mulai dari minuman, makanan ringan, hingga makanan berat bisa anda jumpai disana. Jadi tunggu apa lagi, segeralah bersiap memboyong keluarga anda untuk menikmati akhir pekan anda dengan beribur di Situ Cipondoh.

2. Pantai Tanjung Pasir

Pantai Tanjung Pasir

  • Lokasi : Tj. Pasir, Teluknaga, Tangerang, Banten
  • Tiket Masuk : Rp 15.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Fasilitas : WC, masjid, area parkir, warung makan, transportasi kapal motor untuk menyebrang ke Kepulauan Seribu, penyewaan payung, watersport

Destinasi wisata yang layak untuk anda kunjungi ketika berada di Tangerang selanjutnya adalah Pantai Tanjung Pasir. Pantai ini dikelolah oleh TNI AL, jadi tak heran jika saat pertama kali anda memasuki pantai ini anda akan menjumpai tulisan Posal TNI AL.

Pantai ini menawarkan pemandangan yang cukup mempesona. Di kawasan ini juga pengunjung akan melewati beberapa pulau yang berpenghuni maupun tidak, sehingga banyak wisatawan dari luar daerah yang ingin menyambangi Pantai Tanjung Pasir karena kondisinya yang masih alami.

Uniknya lagi, karena lokasi pantai ini tidak jauh dari bandar udara Soekarno-Hatta maka pengunjung dapat melihat pesawat saat take off dan landing berlangsung.

3. Pantai Tanjung Burung

Pantai Tanjung Burung

  • Lokasi : Tj. Pasir, Teluknaga, Tangerang, Banten
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : 4 kolam pemancingan, area parkir

Pantai selanjutnya yang berada di Tangerang yaitu Pantai Tanjung Burung . Di pantai ini wisatawan dapat emlihat pemandangan laut yang cukup indah. Namun sangat disayangkan, beberapa wisatawan mengluhkan adanya sampah yang bercecer diarea pasir, sampah ini berasal dari limbah warga di kawasan Jakarta yang hanyut dan sampai di pantai ini. Saat ini, pemerintah terus melakukan pembersiahan pantai agar tidak mengurangi pesona keindahan dari Pantai Tanjung Burung sendiri.

Namun jangan khawatir, bagi anda yang hobi memancing, di Pantai Tanjung Burung  ini juga terdapat Pemancingan Mangrove dengan luas lahan sekitar 20 hektar yang bisa anda nikmati sembari bersantai di pinggir Pantai Tanjung Burung ini.

4. Pantai Tanjung Kait

Pantai Tanjung Kait

  • Lokasi : Jalan Naval Radar Station Tanjung Kait, Mauk, Ketapang, Tj. Anom, Mauk, Tangerang, Banten
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : toilet, musholla, area parkir, tempat istirahat, rumah makan panggung, spot memancing,

Meskipun Tangerang terkenal akan gedung pencakar langit yang tersebar disetiap sudut kotanya. Ternyata Tangerang juga menyimpan pantai indah nan eksotis salah satunya adalah Pantai Tanjung Kait.

Pantai yang terletak di tanjung Anom ini sangat sayang anda lewatkan jika anda Berada di Tangerang. Karena pesona keindahan pantinya tidak akan anda temukan di pantai lainnya yang juga berada di kawasan Banten dan sekitarnya.

Saat anda sampai dipantai ini anda akan disambut dengan pemandangan area yang sangat indah lengkap dengan hawa pantainya yang segar diiringi dengan udaranya yang sepoi sepoi membisik telinga.

Uniknya pantai ini memiliki rumah makan panggung yang sangat dekat dengan laut karena posisinya yang menjorok langsung ke arah laut. Disana anda dapat menyantap kuliner yang dijajakan atau bekal yang sudah anda siapkan sembari menikmati keindahan pantai yang ramai perahu-perahu nelayan yang menghiasi bibir pantai.

Pantai ini memang tidak memiliki air laut yang jernih serta pasir putih yang lembut, namun di pantai ini anda dapat memancing ikan serta mengolahnya untuk bakar-bakaran dengan teman-teman maupun keluarganya.

5. Pulau Cangkir

Pulau Cangkir

  • Lokasi : Desa Kronjo, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten
  • Tiket Masuk : Rp 6.000 per orang, Rp 3.000 (Parkir Motor), Rp 5.000 (Parkir Mobil)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : kamar mandi, musholla, tempat istirahat, warung makan, toko souvenir

Sesudah Banten pisah dari Jawa Barat dan mendirikan provinsi sendiri. Banten menawarkan berbagai wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu tempat wisata unggulan yang ada di Provinsi Banten ini, tepatnya di kota Tangerang adalah Pulau Cangkir.

Pulau ini merupakan salah satu destinasi ziarah yang ada di Tangerang karena terdapat makan salah seorang ulama di dalamnya.

Pulau ini menawarkan keindahan yang cukup memukau dengan pasir putih nan lembut dan air lautnya yang biru. Ombaknya yang cukup tinggi juga memungkinkan para wisatawan untuk melakukan kegiatan surfing. Selain itu, wisatawan juga dapat melakukan penyelaman dan snorkeling, meski pemandangan yang diperoleh tidak sebagus di Kepulauan Seribu.

Nah untuk nama pulaunya sendiri diambil dari bentuk pulaunya yang menyerupai gelas. Gelas? iya benar gelas, bukan cangkir, tapi entah kenapa pulau ini dinamakan Pulau Cangkir, bukan Pulau Gelas. Mungkin orang-orang jaman dulu lebih akrab menyebut alat minum tersebut dengan cangkir sehingga pulau ini diberi nama Pulau Cangkir.

Laman: 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Aina Anindya Putri Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Hobi keliling dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan ingin berbagi cerita di alawisata.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *