Aina Anindya Putri Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Hobi keliling dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan ingin berbagi cerita di alawisata.com.

Tempat Wisata di Sabang

16 min read

Tempat Wisata di Sabang

Sabang merupakan salah satu kota yang ada di Aceh yang bertetangga dengan Kota Medan dan kali ini alawisata akan memberikan informasi mengenai tempat wisata yanga ada di kota Sabang. Kota ini berbentuk kepulauan yang berada di seberang utara pulau Sumatera dengan pulau Weh sebagai pulau terbesar. Kota Sabang juga sering disebut sebagai titik paling utara Indonesia dan merupakan zona ekonomi bebeas Indonesia.

Dengan segala keindahannya yang dimiliki oleh Kota Sabang ini, membuat kota Sabang menjadi lokasi destinasi wisata yangaling diburu oleh para wisatawan. Mulai dari wisata alam, sejarah, sampai kuliner pun bisa anda temukan disini.

Untuk mempermudah perjalan anda, alawisata akan memberikan beberapa rekomendasi tempat wisata di Sabang yang wajib anda kunjungi, yuk kita sima baik-baik .

1. Pantai Iboih

Pantai Iboih

  • Lokasi : Pantai Iboih, Iboih, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh, Indonesia
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : bungalow, atm, toko makanan, toko souvenir, penyewaan perlengkapan snorkeling, penyewaan perlengkapan diving, toilet, tempat makan, tempat penginapan

Tempat wisata di Sabang yang akan alawisata bahas pertama kali adalah Pantai Iboih. Surga yang tersembunyi di Ujung Barat Indonesia ini berada di Pulau Weh.

Pantai ini menjadi primadona para wisatawan baik lokal hingga wisatawan asing karena pesona keindahan alamnya yang hidup di sepanjang pantai maupun bawah lautnya yang cukup beranekaragam mampu membuat siapa pun terpukau ketika melihatnya.

Bagi anda para pecinta diving maupun snorkeling, Pantai Iboih akan menawarkan berbagai suguhan yang mendukung aktivitas diving maupun snorkeling anda agar semakin lebih nyaman. Seperti ombaknya yang tenang, air lautnya yang jernih, serta pemandangan yang eksotis akan semakin membuat anda betah berlama-lama di patai yang satu ini.  Selain itu para wisatawn juga dapat menikmati keindahan pantai dari atas perahu mesin yang telah tersedia untuk disewakan.

Karena Sabang termasuk salah satu Kota yang ada di Aceh dengan penduduk yang mayoritas beragama muslim, maka ada peraturan yang berlaku di pantai ini yaitu adanya larangan bagi pengunjung hawa untuk memakai bikini dan pakaian renang. Serta pada hari Kamis dan Jum’at, pengunjung tidak diperbolehkan untuk mengunjungi Pantai Iboih.

2. Pantai Sumur Tiga

Pantai Sumur Tiga

  • Lokasi : Iem Meulee, Ie Meulee, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : diving, snorkeling, penginapan dan hotel, restaurant,

Pantai Sumur Tiga merupakan salah satu favorite yang selalu di datengi oleh wisatawan lokal maupun asing ketika berada di Sabang.

Menurut cerita ada tiga sumur di pantai ini sejak jaman Belanda, sehingga pantai ini diberi nama Pantai Sumur Tiga. Uniknya lagi sumur ini memiliki air yang tawar walaupun jarak sumur dengan pantai hanya 15 meter saja.

Pantai ini diselimuti dengan hamparan pasir putih nan lembut. Pantai ini juga merupakan pantai terpanjang yang ada di Pulau Weh dengan panjang pantai mencapai 2 km.

Pepohonan kelapa yang tumbuh disekitar juga semakin mempercantik keindahan pantai. Gradasi warna biru kehijauan dengan kejernihan air yang nyaris sempurna didukung dengan keadaan pantai yang bersih serta suasana yang sepi membuat pantai ini mampu memanjakan mata setiap pengunjungnya.

Di pantai ini juga terdapat peninggalan bangsa Jepang berupa benteng bekas yang banyak terdapat di sudut sudut pantai, walaupun benteng ini tidak terawat dengan baik tetapi benteng itu masihlah dapat kita dapatkan di lokasi Pantai Sumur Tiga itu.

3. Pantai Anoi Itam

Pantai Anoi Itam

  • Lokasi : Anoe Itam, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Nama dari pantai ini berasal dari bahasa Aceh Anoi Itam yang berarti pasir hitam. Karena kunikan pantai ini ialah pasirnya yang berwarna hitam legam karena banyaknya kandungan bijih besi yang dimilikinya. Selain itu pasir yang berada di pantai ini juga memiliki berat jenis 3 kali lipat daripada pasir di pantai-pantai lainnya.

Terlepas dari itu semua, keindahan pantai yang dihiasi oleh air lautnya yang jernih, tebing yang kokoh berdiri, serta eksotisme dari pantai ini menjadikannya salah satu pantai terindah yang ada di Indonesia dan sejajar dengan pantai lain yang telah diakui hingga ke mancanegara.

4. Pantai Ujong Kareung

Pantai Ujong Kareung

  • Lokasi : Jalan H. Agus Salim, Ie Meule, Sukajaya, Kota Sabang, Pulau Weh, Aceh
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Pantai yang mulai populer pada tahun 2015 ini terletak tidak jauh dari Pantai Sumur Tiga maupun Pantai Anoi Itam.

Sangat disarankan untuk mengunjungi pantai ini dipagi hari, selain mendapatkan vitamin D dari teriknya mentari, keindahan pantai yang dipamerkan pun akan terlihat lebih sempurna.

Bagi yang suka dengan landscape fotografi alam, pantai ini sangat cocok untuk dijadikan background pemotretan. Lekukan batu karang yang berpadu dengan biru tosca air laut memang sangat indah untuk dipandang.

Dengan ombak yang tidak terlalu besar, membuat anda bebas berenang kesana-kemari di pantai ini. Didukung dengan jernihnya air laut menjadikan aktivitas berenang anda menjadi lebih nyaman.

5. Pantai Tapak Gajah

Pantai Tapak Gajah

  • Lokasi :
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Kenapa dinamakan Pantai Tapak Gajah? Karena dulu, penduduk desa sekitar pantai menumukan sebuah prasati yang berbentuk kaki gajah, dan mereka menggunakannya sebagai nama desa mereka. Lalu bagaimana dengan pantainnya? Ya! pantainya pun dinamakan Pantai Tapak Gajah karena pantai itu terleat di dalam wilayah Desa Tapak Gajah.

Di pantai ini, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seperti fotografi, snorkeling, maupun diving. Dalam hal nuansa, pantai ini akan menyuguhkan suasana yang tenang lengkap dengan pemandangannya yang indah. Pantai ini diselimuti oleh hamparan pasir putih berih yang lembut. Di tambah dengan keberadaan pohon kelapa semakin membuat pantai terlihat asri nan alami.

Sebelum anda meninggalkan pantai ini, ada juga dapat mengambil beberapa serpihan pasir yang melimpah dan dimasukan ke dalam botol sebagai souvenir. Mengambil beberapa koral dan karang kecil juga disarankan untuk hasil yang lebih menawan.

Laman: 1 2 3 4 5 6 7

Aina Anindya Putri Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Hobi keliling dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan ingin berbagi cerita di alawisata.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *