Aina Anindya Putri Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Hobi keliling dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan ingin berbagi cerita di alawisata.com.

Tempat Wisata di Jambi

17 min read

Tempat Wisata di Jambi

Kali ini alaiwsata akan memberikan informasi mengenai tempat wisata di Kota Jambi. Jambi merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di pesisir timur bagian tengah Pulau Sumatera sekaligus ibukota dari Provinsi Jambi.

Kota ini merupak kota dengan perkembangan yang sangat pesat di Pulau Sumatera. Kota ini juga dilalui oleh sungai terpanjang di Sumatera yaitu Sungai Batanghari.

Keragaman kuliner, budaya, serta keramahan penduduk di provinsi yang dijuluki provinsi teraman di Indonesia ini akan membuat perjalanan wisata anda terasa aman dan nyaman.

Untuk memudahkan anda menemukan lokasi wisata indah nan menakjubkan yang ada di Jambi, alawisata akan memberikan beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Jambi, yuk langsung saja berikut beberapa tempat yang wajib anda kunjungi ketika berada di Jambi.

1. Danau Kaco

Danau Kaco

  • Lokasi : Dusun Baru Lempur, Gunung Raya, Kerinci, Kota Jambi
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 09.00-18.00

Saat anda mengunjungi danau yang satu ini, kondisi alam yang masih sangat alami akan langsung menyambut ramah kehadiran anda. Danau kaco ini terletak dikawasan Taman Nasional Kelinci yang terkenal akan keasriannya. Dengan warnanya yang berwarna biru dan dikelilingi oleh rindangnya pepohonan, danau ini akan tampak seperti mutiara biru di tengah rimbunya pepohonan.

Saat malam tiba, danau ini akan memamerkan keelokan yang dimilikinya, terlebih saat bulan purnama tiba, cahaya bulan akan memantul di atas birunya ir danau, seolah ada cahaya besar yang memang sengaja di arahkan ke danau ini. Sebab itu, tak jarang banyak dari pengunjung yang rela berkemah hanya untuk melihat keajaiban alam yang satu ini.

Hal unik yang pernah terjadi di danau ini adalah danau ini pernah sempat ditutup oleh lurah dan kepala desa Lempur, hal ini bertujuan untuk memulihkan ekosistem, reboisasi, serta penyesuaian aturan bagi para pengunjung.

Selain keindahan yang disuguhkan, ternyata danau ini juga memiliki cerita kelam dibalik airnya yang jernih bak kaca. Menurut cerita setempat, kejernihan danau tersebut berasal dari intan yang titipan para pemuda yang ingin melamar putri seorang raja bernama Raja Gagak yang cantik jelita. Kecantikan putri bernama Napal Melintang ini bahkan menjadikan ayahnya sendiri terpikat kepadanya. Sehingga sang ayah membawa lari putrinya dan membuang intan para pemuda tersebut ke danau. Sampai saat ini, masyarakat masih mempercayai bahwa kejernihan air di danau ini merupakan pantulan cahaya dari intan peninggalan Raja Gagak.

2. Danau Hijau Penual

Danau Hijau Penual

  • Lokasi : Desa Penual, kecamatan Jujuhan, Kabupaten Bungo, Jambi
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Selain keindahan Danau Kaco dengan airnya yang berwarna biru, Jambi juga memiliki Danau Hijau Penual dengan airnya yang berwarna hijau menawan.

Belum banyak yang mengulas tentang keindahan danau yang satu ini, membuatnya terlihat sangat asri nan alami. Danau ini dikelilingi oleh tebing tinggi yang seolah menjadi wadah air danau ini. Airnya yang hijau dan tenang memantulkan pemandangan disekitarnya seolah ada lukisan raksasa yang terlukis diatas canvas berbahan air. Bagi anda yang ingin bersantai dan sejenak melupakan hiruk pikuk kehidupan, danau ini bisa dijadikan tujuan berlibur anda nantinya.

3. Danau Hijau Merangin

Danau Hijau Merangin

  • Lokasi : Ex. Tambang Bijih Besi Di desa Pulau Layang kec Batang Masumai merangin, Jambi
  • Tiket Masuk : Rp 3.000
  • Jam Buka : 08.30-18.00

Melihat warna airnya yang berwarna hijau dengan ukurannya yang tidak terlalu besar, membuat danau ini cocok untuk memanjakan mata dan badan yang penat setelah lelah beraktivitas.

Air danau ini sangat dingin, serta di pinggir danau itu masih banyak berdiri pohon-pohon besar yaang semakin menambah kecantikan alam di sekitar danau.

4. Danau Belibis

Danau Belibis

  • Lokasi : Taman Nasional Kerinci Seblat, kecamatan Kayu Aro Barat, Kabupaten Kerinci, Jambi
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Kecantikan Kerinci  menawarkan sejuta pesona alam yang mampu menyihir pandangan manusia. Selain Gunung Kerinci, terdapat pula danau cantik yang menyimpan cerita misteri di dalamnya. Danau itu adalah Danau Belibis.

Sesuai dengan namanya, di sekitar danau ini terdapat populasi belibis  yang hidup dikawasan danau. Hal unik di danau ini adalah terdapat pulau di tengah tengah danau yang berputar-putar mengelilingi danau yang konon katanya sering menyeret hanyut seseorang yang dikehendaki.

Adas sebuah cerita masyarakat yang menyebutkan bahwa, burung belibis yang hidup di sekitar danau merupakan perwujudan dari orang-orang yang pernah berkunjung ke danau ini namun tidak dapat kembali lagi. Memang kisah yang cukup menyeramkan, sampai ada beberapa warga yang tidak berani untuk mengunjungi danau tersebut.

Namun, keindahan alam yang ditawarkan danau ini tidak menyulutkan tekad para wisatawan untuk terus datang ke danau ini. Di danau ini para wisatawan dapat melihat pemandangan gunung Kerinci yang terlihat jelas dari sisi danau, dan juga melihat keindahan alam lainnya disekitar danau.

5. Danau Kumbang

Danau Kumbang

  • Lokasi : Desa sungai Lalang, Kecamatan Sungai Tenang, area Gunung Masurai, Kab Merangin, Jambi
  • TIket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Selain terkenal dengan keindahan panorama yang dimiliki Gunung KErinci, ternyata gunung ini juga menyimpan objek wisata lainnya yaitu Danau Kumbang. Danau ini terletak persis di belakang Gunung Kerinci tepatnya pada ketinggian 2.560 mdpl. Sehingga danau ini disebut juga danau tertinggi kedua di Indonesia setelah Danau Habema yang terletak di Papua.

Air yang dimiliki Danau Kumbang ini begitu jernih, sehingga mampu menampakan benda-benda di dasarnya. Suasananya yang amat tenang serta pantulan hutan yangg mengelilingi danau di atas air sungguh membuat siapapun terpana saat melihat keajaiban alam satu ini.

Terkadang wisatawan juga dapat menikmati gemercik air danau yang tertiup angin lembah. Bagi wisatawan yang ingin bermalan disekitar danau, disini terdapat area yang cukup luas untuk dijadikan tempat mendirikan tenda.

Laman: 1 2 3 4 5 6 7

Aina Anindya Putri Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Hobi keliling dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan ingin berbagi cerita di alawisata.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *